Kemajuan teknologi internet memang membawa banyak perubahan. Tak
terkecuali perubahan cara berbisnis, dalam hal ini berjualan dan
berbelanja.
Kalau dahulu untuk berjualan Anda harus memiliki
setidaknya kios kecil, kini kios tersebut dapat Anda miliki secara
virtual di dunia maya.
Namun, karena semua orang kini dapat
mengakses internet dan otomatis mengakses berbagai macam kios bahkan
pasar, hal tersebut juga membuat persaingan semakin tajam.
Nah, simak empat tip berikut ini agar Anda dapat sukses berbisnis via kios online yang Anda miliki.
Perhatikan musim. Coba amati, setiap hari raya Idul Adha tumbuh bak jamur para pedagang hewan kurban. Mereka ada yang memang dari sononya
pedagang hewan, namun lebih banyak lagi yang berstatus pedagang
dadakan. Atau saat Natal, mendadak ada saja teman yang tahu-tahu punya
toko kue dan menyediakan berbagai kue untuk hidangan khas Natal.
Memanfaatkan musim atau momen tertentu merupakan salah satu peluang
cerdas untuk sukses dalam berjualan online – dan non online. Itu
sebabnya dari jauh-jauh hari Anda harus sudah bisa memprediksi dan
mempersiapkan jenis barang yang hendak dijual. Buatlah rencana setahun,
lalu cari tahu ada momen apa saja di sepanjang tahun, dan carilah barang
yang kiranya pas untuk dijual sesuai momen.
Perbanyak jenis barang. Ini
adalah permainan statistik. Semakin banyak jenis barang yang Anda
tawarkan, semakin besar kemungkinan barang akan terjual. Probabilitas
100 jenis barang terjual, lebih besar ketimbang hanya 50 jenis barang.
Dikombinasikan dengan musim, hal ini akan sangat manjur mendongkrak
kesuksesan berjualan online Anda.
Strategi harga. Berikan
harga yang fair dan kompetitif. Maksudnya, tidak saja barang-barang
yang Anda jual memiliki kualitas tinggi, terdeskripsikan dengan baik
serta didukung foto-foto yang detil – lengkap dengan pembanding ukuran,
tapi juga harus didukung dengan harga yang tepat agar Anda sukses
berjualan online. Untuk itu Anda wajib melakukan riset untuk
membandingkan harga. Anda tentu tak perlu menjadi yang termurah, tapi
yang terpenting pembeli harus teryakinkan bahwa pelayanan Anda sempurna
dengan kualitas yang terjaga.
Sentuhan pribadi. Apa yang
membuat Anda nyaman berbelanja di toko A ketimbang di toko B, padahal
harganya sama? Apakah suasana? Pelayanannya? Bila iya, hal itu berkaitan
dengan apa yang disebut dengan sentuhan pribadi. Sama dengan kios
nyata, kios virtual juga dapat menyajikan sentuhan pribadi untuk
memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan agar sukses berjualan
online. Misalnya, Anda dapat memberikan kemasan yang baik dan aman
ketimbang hanya membungkus barang yang dipesan pelanggan ala kadarnya.
Sertakan juga kartu ucapan terima kasih telah menjadi pelanggan, atau
bahkan rajin mengirim kartu ucapan selamat ulang tahun – dalam bentuk
e-card sekalipun, akan membuat kios virtual Anda semakin dekat di hati
pelanggan. Anda juga dapat meletakkan dua kartu nama – satu untuk
disimpan pelanggan, satu untuk pelanggan berikan kepada teman mereka.
Usahakan sentuhan pribadi ini tetap dalam bujet yang minim, tapi
memiliki impact kuat bagi pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar